6 Tanaman Hias Pembersih Udara yang Cocok Dalam Rumah

6 Tanaman Hias Pembersih Udara yang Cocok Dalam Rumah

Anda mungkin sudah terbiasa melihat tanaman hias di depan halaman rumah. Namun siapa sangka terdapat beberapa tanaman yang cocok menghiasi dalam hunian Anda. Selain menghadirkan kesan asri, tanaman ini pun dipercaya mampu membersihkan udara. Berikut rekomendasi tanaman hias pembersih udara dalam rumah yang wajib Anda punya.

1. Pakis Boston

Pakis boston disebut sebagai tanaman hias yang mampu menyedot racun xylene dan formaldehid yang terkurung di dalam rumah. Inilah alasan mengapa penggemarnya kerap meletakkan tanaman ini di dalam rumah dibandingkan di luar rumah. Selain membersihkan udara di dalam rumah, tanaman ini dapat mempercantik hunian Anda.

Tidak sulit membedakan pakis boston dengan tanaman hias lainnya. Pasalnya tanaman ini memiliki ciri khas pada helaian daunnya yang tampak menjumbai. Anda bisa menyimpannya pada salah satu sudut ruangan atau diletakkan pada pot gantung untuk menambah nilai estetikanya. Apakah Anda tertarik membelinya?

2. Palem Bambu

Palem Bambu merupakan tanaman yang harus mendapatkan cahaya terang agar bisa tumbuh subur. Namun bukan berarti tanaman ini harus diletakkan di luar ruangan. Justru palem bambu termasuk tanaman yang cocok dijadikan sebagai furniture tambahan di dalam rumah. Cukup letakkan palem bambu di area lembab dan siram secara rutin, maka tanaman ini sudah bisa tumbuh subur.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, siapa sangka jika palem bambu juga bisa difungsikan sebagai tanaman pembersih udara di dalam rumah? Sayangnya tanaman hias ini dapat mengundang laba laba atau jenis serangga lainnya bersarang di sekitar batang atau daunnya. Beruntungnya Anda bisa menyemprotkan cairan pestisida untuk mengusirnya.

3. Lidah Mertua

Lidah Mertua umumnya menghiasi halaman suatu hunian. Tanaman yang memiliki daun memanjang ke atas ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Selain berfungsi sebagai furniture di rumah untuk menambah kesan asri, Lidah Mertua ternyata memiliki segudang manfaat bagi manusia. Anda bisa meletakkan Lidah Mertua di dalam kamar tidur untuk mendapatkan tidur berkualitas, pasalnya tanaman ini sedikit berbeda dengan jenis tanaman hias pada umumnya. Jika tanaman hias lainnya akan menghasilkan oksigen di siang hari, maka tanaman ini justru menghasilkannya ketika malam hari tiba.

4. Palem Kuning

Palem Kuning adalah salah satu jenis tanaman pembersih udara dalam rumah yang umum diletakkan di dalam rumah. Tanaman yang memiliki pelepah daun memanjang hingga menutupi batangnya ini bisa tumbuh mencapai 1 hingga 6 meter. Cocok dijadikan furniture tambahan di dalam rumah, karena tanaman ini membersihkan senyawa formaldehida.

5. Spider Plant

Spider Plant  termasuk tanaman yang umum ditemukan di dalam rumah hunian. Bukan sekedar memberikan kesan asri semata, pasalnya tanaman ini mampu membersihkan udara di dalam rumah dari polusi akibat tercampur dengan zat berbahaya seperti formaldehyde yang dihasilkan oleh knalpot dan tembakau.

6. Peace Lily

Jika Anda mencari tanaman pembersih udara dalam rumah yang tidak memakan space terlalu banyak, maka membeli peace lily bisa menjadi solusinya. Tanaman ini pun tidak membutuhkan perawatan khusus agar tumbuh subur, sehingga banyak yang tertarik membelinya. Anda hanya perlu memastikan tanaman ini mendapatkan cahaya tercukupi dan disiram secara rutin.

Itulah beberapa tanaman hias yang ampuh membersihkan udara di dalam hunian pribadi. Tanaman tersebut pun tidak terlalu besar, sehingga Anda bisa menyimpannya di beberapa sudut hunian dengan mudah tanpa memakan space terlalu banyak. Apakah Anda sudah menentukan tanaman mana yang hendak diletakkan di dalam rumah?

Selain dengan tanaman pembersih udara, jangan lupa melindungi rumah Anda dengan asuransi perlindungan rumah. Cek info tentang asuransi perlindungan rumah Garda Home di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *